ABOUT ISLAM

MUSLIMAH

FILM ISLAMI



Forum Komunikasi Mahasiswa Islam (FKMI) Nuruddin adalah salah satu lembaga dakwah (Unit Kegiatan Mahasiswa) lingkungan FISIP UNTAN. Dulunya FKMI Nuruddin bernama IMMAN (Ikatan Mahasiswa Musola Nuruddin). Alasan di dirikannya IMMAN karena pada saat itu adanya kristenisasi di untan sehingga di dirikannya IMMAN sebagai pencegah terjadinya kristenisasi di Fisip Untan. IMMAN merupakan suatu ikatan atau perkumpulan yang diharapkan berfungsi sebagai mempererat silaturahmi terhadap mahasiswa islam yang ada di Fisip maupun di luar Fisip. IMMAN juga sebagai sarana untuk meningkatkan prestasi mahasiswa serta mahasiswa dibiasakan untuk berhadapan dengan masyarakat. Dengan adanya IMMAN diharapkan akan membawa kebaikan untuk semuanya.

Mengapa memilih nama Nuruddin??

Karena Nuruddin merupakan nama titipan (amanah) dari pak Fadil Sastro Wirjoyo (Alm). Beliau adalah dosen penasehat & penyumbang terbesar di Fisip Untan pada tahun 1993. Dulu pengurus Nuruddin/ kader Nuruddin kebanyakan dari luar daerah (luar KalBar).

Mengapa IMMAN berubah nama menjadi FKMI Nuruddin??

Karena dulu nama IMMAN sering dipermasalahkan. Orang sering bertanya-tanya nama LDF di Fisip. Apakah Al-Iman atau Iman saja. Padahal IMMAN merupakan kepanjangan, bukan hanya dari 1 kata saja. Karena itu diadakannya rapat di ruang C-1 yang membahas nama LDF fisip. Akhirnya keputusan telah diambil yaitu nama LDF Fisip yaitu IMMAN berubah menjadi FKMI Nuruddin. Narasumber tidak ingat secara pasti tahun pergantian nama tersebut. “Kalau tidak salah tahun 2000 atau 2001” ungkapnya.

latar belakang lahirnya UKM ini adalah sebagai pemenuh kebutuhan di dalam kegiatan mahasiswa. salah satu permasalahan yang slalu ada adlah bagai mana streotip masyarakat kampus yang selalu berparadigma pendek akan minimnya manfaat atau pentingnya suatu kekuatan jiwa (ruhiyyah).
padahal kita sering mengatakan bahya harus ada keseimbangan antara jasmani (fisik) dan rohani..... lalu siapa yang dapat mendefinisikan kebutuhan rohani itu seperti apa. . .? kehidupan kita telah dimanjakan oleh pergaulan yang indentik dengan hedonisme, namun ketika kita dihadapkan kepada tanggungjawab bahwa ada hal yang masih perlu kita penuhi..... tanggungjawab kepada Allah.... ketika anda membaca tulisan ini apakah anda sudah sholat?, apakah anda sudah negucapkan subhannallah, alhamdullilah, dan allahuakbar! hal yang mungkin dianggap kecil tapi, efek nya sangat besar..... Saudara-saudara ku yang kucintai karena Allah, cukup sudah keterbelengguan hati itu ada didalam diri kita, mari sholat... mari bersyukur....mari tanamkan lah kecintaan kita pada Allah, Bukan pada dunianya Allah, atau Mahluknya, atau hartanya Allah...... dan menanamkan ke tauhid an, insyaallah akan memurnikan iman dan keiklasan beribadah......
FKMI NURUDDIN hanya media sesungguhnya perubahan yang hakiki ada di dalam hati..... dan Allahlah yang maha membolak-balikan hati (definisi Qolbu=bolak-balik). dan ketika saudara membaca tulisan ini tidak beerdampak apapun, maka let's lakukanlan, dan mulailah mencintai Allah..... karena cara baik untuk memulai sesuatu adalah "MULAILAH & LAKUKANLAH".

Wasallam


No comments:

Post a Comment

BUDAYAKANLAH UNTUK MENULIS KOMENTAR